Kamis, 10 Januari 2013

BANK SAHABAT ,TUGAS KWU SMT 4


BAB I
PENDAHULUAN

            Bertumbuh kembangnya perekonomian daerah menjadi sebuah peluang bagi para usahawan, pemilik modal untuk menanamkan saham atau berinvestasi serta siap maju menghadapi pesaing sejenis. Terutama dalam hal mencuri perhatian publik, dengan sebuah analisa internal dan eksternal berikut Peluang, Kekuatan, Kelemahan dan Ancaman yang timbulkan dari sebuah pemikiran.
            Seiring berjalannya waktu, ibarat roda yang terus berputar berikut permintaan pasar akan service semakin membludak. Hanya mereka yang dapat membaca, memahami keinginan pasarlah yang akan unggul dan terdepan di arena persaingan. Banyaknya bermunculan perusahaan yang melayani dan menjual produk sejenis tidak mematahkan semangat bagi para pemilik modal untuk unggul di dalam persaingan. Dasar adanya system pasar persaingan adalah adanya hak pemilikan (property rights) yang memberikan hak pemilikan kepada setiap individu atas suatu barang sehingga ia dapat mengecualikan orang lain untuk memanfaatkan barang tersebut.
            Kini telah ada di Sarolangun, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dari PT Jambi Citra Sahabat (JCS) bertujuan untuk membangun ekonomi kerakyatan yang ada di Kabupaten Sarolangun. Terutama bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan suku bunga yang sangat relative terjangkau, sehingga dapat membantu untuk mengembangkan usahanya dan dapat mengakses usaha mikro yang akan tumbuh di daerah.
            Adapun produk yang ditawarkan Bank BPR Sahabat Sarolangun, khususnya dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sarolangun juga berupaya mewujudkan jalur pemerataan ekonomi yaitu pemerataan kesempatan usaha, pemerataan pembagian pendapatan dan pemerataan partisipasi dalam pembangunan.












BAB II
PEMBAHASAN

2.1. LATAR BELAKANG BPR

            Bank Perkreditan Rakyat atau yang biasa kita kenal BPR adalah salah satu jenis Bank yang dikenal melayani golongan pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah dengan lokasi yang dekat dengan masyarakat yang membutuhkannya. Keberadaan BPR sudah ada sejak sebelum zaman kemerdekaan yang dikenal dengan sebutan Lumbung Desa, Bank Desa, Bank Tani, Bank Dagang, Bank Desa atau Bank Pasar.            Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah Bank resmi yang diatur berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 sebagaimana mana yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. Dalam Undang-undang tersebut secara jelas disebutkan bahwa ada dua jenis bank, yaitu Bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
            Adapun pengertian Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menurut Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan pada Bab 1 Ketentuan Umum pasal 1ayat 3 Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan, dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.
            Fungsi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) selain memberikan fasilitas kredit kepada para pengusaha mikro, kecil dan menengah, juga memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menerima simpanan dalam bentuk Tabungan dan Deposito berjangka.
            Dalam penyaluran kredit kepada masyarakat Bank Perkreditan Rakyat (BPR)  menggunakan prinsip 3 (tiga) T, yaitu Tepat Waktu, Tepat Jumlah dan Tepat Sasaran. Dan dalam pelayanan simpanan masyarakat Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menggunakan pelayanan jemput antar yaitu melayani langsung ditempat usaha nasabah sehingga memberikan kemudahan dalam transaksi pembayaran dan penerimaan.
            Menyimpan uang baik dalam bentuk Tabungan maupun Deposito pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sangatlah aman, karena dijamin sepenuhnya oleh Pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga tidak perlu lagi ragu menabung atau mendepositokan uang ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

2.2. PROFIL BPR SAHABAT

            P.T Bank Perkreditan Rakyat (BPR) JAMBI CITRA SAHABAT (JCS) atau yang lebih dikenal dengan BPR SAHABAT merupakan suatu lembaga perbankan yang didalamnya melayani masyarakat dalam menerima simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito berjangka, selain it BPR SAHABAT juga melayani masyarakat didalam memberikan fasilitas  kredit modal kerja, kredit investasi dan kredit konsumtif.
            Status badan hokum P.T. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) JAMBI CITRA SAHABAT (JCS) adalah Perseroan Terbatas (P.T) berdasarkan Akta Pendirian Nomor 03 oleh Notaris Achmad Zainudin,S.H,M.Kn di Bogor tanggal 11 Juni 2011.           

2.3. TUJUAN PENDIRIAN

            Adapun tujuan mendirikan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) JAMBI CITRA SAHABAT (JCS) sebagai berikut :
a)     Memasarkan produk-produk perbankan dan memobilisasi dana masyarakat melalui Tabungan, Deposito serta Kredit bagi masyarakat sekitar.
b)     Menunjang perekonomian daerah  sekitar Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan menyalurkan kredit produktif bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM).

2.4. RUANG LINGKUP          

            Ruang lingkup Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jambi Citra Sahabat (JCS) antara lain :
a)     Menerima simpanan dalam bentuk Tabungan
b)     Menerima simpanan dalam bentuk Deposito
c)      Memberikan Kredit bagi pengusaha, pedagang, petani, pegawai negeri/swasta
d)     Penempatan Dana Antar Bank
e)     Jasa transfer/ kirim uang antar  BPR / Bank Umum

2.5. VISI DAN MISI   

1.      Visi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terdepan dan terpercaya.
           Kata Terdepan dan terpercaya merupakan satu kesatuan yang utuh, yang berarti Terdepan antara lain dari aspek pelayanan/ public service yaitu bentuk dan variasi pelayanan terbaik yang diberikan kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi Etika Perusahaan dan aspek hubungan emosional yaitu sikap yang bersahabat dengan mengacu pada norma kesopanan, sedangkan Terpercaya sebagai lembaga yang dipercaya masyarakat untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kembali dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak, sebagaimana yang tertulis pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan pada Bab 1 Ketentuan Umum pasal 1 ayat 1 pengertian Bank.

2.      Misi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) antara lain :
a)     Meningkatkan kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang sehat, professional dan mampu bersaing serta berkesinambungan
b)     Membantu perekonomian daerah disegala bidang
c)      Memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan berperan dalam pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah serta meningkatkan kesejahteraan bagi karyawan dan pemegang saham

2.6. LEGALITAS USAHA       
           
            Bentuk dari legalitas usaha Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jambi Citra Sahabat (JCS) yaitu:
1)     Pengesahan menteri kehakiman dan HAM Republik Indonesia Nomor AHU-32925.AH.01.01 Tahun 20111 Tanggal 11 Juni 2011.
2)     Akta Pendirian Nomor 03 oleh Notaris Achmad Zainudin S.H,M.Kn tanggal 1 Juni 2011
3)     SITU Nomor 503/430/SITU/BPPTSP-2011
4)     TDP Nomor 05.09.365.00016
5)     SIUP Nomor 233/05-09/SIUP/PK/VII/2011
6)     TDG Nomor 503/20/TDG/BPPTS-2011
7)     NPWP Nomor 03.050.325.4-333.00

2.7. SARANA DAN PRASARANA

            Kantor cabang letaknya di Komplek Pertokoan Sentra Bisnis Sarolangun (SBS) Ceria Abadi Blok C-3 KM.01 RT 01 Kelurahan Pasar Sarolangun, Kabupaten Sarolangun JAMBI. Sebagaimana yang dimaksud Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan pada Bab 1 Ketentuan Umum pasal 1 ayat 5 bahwa kantor cabang adalah setiap kantor bank yang secara langsung bertanggungjawab kepada kantor  pusat bank yang bersangkutan, dengan tempat usaha yang permanen dimana kantor cabang tersebut melakukan kegiatannya.      
            Kantor cabang BPR SAHABAT terdiri atas 3 Lantai dengan ruangan dan variasi design yang berbeda. Latai 1 terdiri atas ruang kerja Customer Service, Teller, Account Officer dan Ruang Eksekusi. Lantai 2 terdiri atas ruang Marketing, Meeting, Manajer Marketing, Direksi, dan Toilet. Sedangkan Lantai 3 terdiri atas Dapur, Gudang,dan Toilet.

Tabel 1. Daftar Investasi
No
Uraian
Jumlah
Biaya
Keterangan
1
Kantor
1
Rp 1.500.000.000

2
Kendaraan Operasional
7
Rp 300.000
Merupakan biaya intensif yang diberikan untuk penggantian sewa kendaraan yang digunakan untuk operasional
3
Komputer + Perangkat
9
Rp 72.000.000

4
AC
8
Rp 24.000.000

5
Meja
11
Rp 44.000.000

6
Kursi
28
Rp 5.600.000

7
ATK

Rp 5.000.000

8
Box Slip
1
Rp 1.500.000

9
Vas Bunga
5
Rp 750.000

10
Famplet Nama
3
Rp 250.000

11
Alarm
1
Rp 2.500.000

12
Kamera sisi TV
4
Rp 12.000.000

13
BRANKAS
5
Rp 40.000.000

14
Telefon
8
Rp 6.400.000

15
Monitor sisi TV
1
Rp 3.500.000

16
Mesin absen
1
Rp 1.500.000

17
Racun api / Tabung
2
Rp 5.000.000

18
Alat kebersihan
2 Set
Rp  200.000

19
Mading
1
Rp 80.000

20
White board+perlengkapan
1
Rp 500.000

21
Mesin penghitung uang
1
Rp 2.500.000

22
Kalkulator
8
Rp 850.000

22
Poster
4
Rp 600.000

24
Cermin
2
Rp 30.000

25
Hiasan dinding
2
Rp 6.500.000

26
Kalender
8
Rp -

27
Amper – daya listrik
1
Rp 18.000.000

28
Mesin diesel
1
Rp150.000.000

29
Dan lain-lain

Rp 59.169.000

Total
Rp 2.500.000.000



2.8. PRODUK BANK  

            Produk bank tidak terlepas dari tingkat bunga yang merupakan penghubung utama antara pasar uang dengan pasar barang, sebab tingkat bunga menentukan berapa pengeluaran investasi yang direncanakan oleh investor, dan selanjutnya pengeluaran investasi dapat menentukan tingkat permintaan agregat.
            Target perubahan suku bunga tergantung kepada rate Bank Indonesia (BI) sehingga menyelarasan sesuai dengan ketentuan Undang-undang bahwa Bank Indonesia merupakan Bank Sentral. Dalam hal ini pula Bank Perkreditan  Rakyat (BPR) tidak memiliki radius atau batasan pangsa pasar pada lokasi jangkauan nasabah karena semua  dalam hal apapun bermodalkan kepercayaan dan diiringi dengan ketertarikan atas produk berikut service yang ditawarkan. Adapun produk dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jambi Citra Sahabat (JCS) yaitu :

1.      Tabungan
a.       Tabungan sahabat
            Tabungan sahabat merupakan tabungan yang diperuntukkan untuk masyarakat umum, dengan suku bunga sebesar 6%.
b.      Tabungan pelajar sahabat
            Tabungan pelajar sahabat merupakan tabungan yang diperuntukkan untuk para pelajar / junior, dengan suku bunga sebesar 3%.
2.      Deposito
a.       Jangka waktu 1 bulan
Deposito dalam bentuk simpanan yang penarikannya dilakukan per satu bulan dengan Suku bunga sebesar 7,25%
b.      Jangka waktu 3 bulan
Deposito dalam bentuk simpanan yang penarikannya dilakukan per tiga bulan dengan Suku bunga sebesar 7,50%
c.       Jangka waktu 6 bulan
Deposito dalam bentuk simpanan yang penarikannya dilakukan per satu enam bulan dengan Suku bunga sebesar 7,75%
d.      Jangka waktu 12 bulan
Deposito dalam bentuk simpanan yang penarikannya dilakukan per satu tahun dengan Suku bunga sebesar 8,00%
3.      Kredit
a.       Kredit modal kerja
Kredit modal kerja merupakan penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan  atau kesepakatan pinjam-meminjam antara pihak bank dengan pihak lain dalam rangka mendapatkan modal kerja
b.      Kredit investasi
            Kredit investasi merupakan penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan  atau kesepakatan pinjam-meminjam antara pihak bank dengan pihak lain dalam rangka investasi
c.       Kredit pegawai
Kredit pegawai merupakan penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan  atau kesepakatan pinjam-meminjam antara pihak bank dengan para pegawai.
4.      Payment point
a.       Transfer antar bank
b.      Jasa bank lainnya

Tabel 2. Gaji / Pendapatan
NO
KLASIFIKASI JABATAN
GAJI / PENDAPATAN
1
PEMEGANG SAHAM
Deviden per akhir tahun
2
DEWAN KOMISARIS
4.000.000 – 5.000.000
3
DIREKSI
7. 000.000 – 10.000.000
4
MANAJER MARKETING
2.000.000 – 3.000.000
5
ACCOUNT OFFICER
1.500.000 – 2.000.000
6
AKUNTING
1.500.000 – 2.000.000
7
CUSTOMER SERVICE
1.300.000 – 1.500.000
8
TELLER
1.300.000 – 1.500.000
9
ADMIN
1.300.000 – 1.500.000
10
DRIVER
1.000.000 – 1.300.000
11
AMAT
1.000.000 – 1.300.000
12
OFFICE BOY
1.000.000 – 1.200.000
















Tabel 3. Uraian Tugas
NO
KLASIFIKASI JABATAN
URAIAN TUGAS
1
PEMEGANG SAHAM
Mensuplay dana
2
DEWAN KOMISARIS
Mengawasi/ Audit kinerja direksi
3
DIREKSI
Menjalankan&mempertanggungjawabkan kinerja karyawan
4
MANAJER MARKETING
Perpanjangan tangan dari direksi
5
ACCOUNT OFFICER
Memproses kredit
6
AKUNTING
Membuat neraca L/R dan menjalankan operasional
7
CUSTOMER SERVICE
Memberikan pelayanan pembukaan rekening atau pengecekan saldo.
melayani nasabah, menerima setoran/penarikan
8
TELLER
Menginput dana nasabah,  melayani nasabah, menerima setoran/penarikan,  menangani pembukaan rekening, atau pengecekan saldo.
9
ADMIN
Membukukan dokumen kredit
10
DRIVER
Mengantar jemput dalam urusan dinas, tugas perbankan
11
SECURITY
Menjaga ketertiban dan keamanan kantor
12
OFFICE BOY
Menjaga kebersihan kantor dan menjalankan hal-hal yang berkenaan dengan perlengkapan kantor / kebutuhan karyawan.























2.10. FASILITAS KREDIT

PROSES KREDIT MUDAH DAN CEPAT
Persyaratan Umum :
11)     Mempunyai usaha yang sedang berjalan (minimal 6 bulan)
22)     Mempunyai jaminan/anggunan berupa :
a.       BPKB motor
b.      BPKB mobil
c.       Sertifikat tanah, rumah atau kebun
Adapun kelengkapan dokumennya, antara lain : 
Tabel 4. Kelengkapan dokumen
No
Jenis dokumen pemohon
Umum
Pegawai
1
Fotocopy suami&istri
2
Fotocopy kartu keluarga&surat nikah
3
Fotocopy rekening listrik/air/telfon
4
Pas foto terbaru ukuran 3x4 cm
5
Nota pembelian&penjualan usaha

6
Perjanjian kerjasama (MOU)

7
Fotocopy SK pegawai tetapi

8
Slip gaji/ daftar gaji 3 bulan terakhir

Jenis Dokumen Jaminan Kendaraan Tanah
1
Fotocopy STNK

2
Fotocopy BPKB

3
Kwitansi asli pembelian kendaraan

4
Cek fisik (No. Rangka&No. Mesin)

5
Fotocopy sertifikat

6
Fotocopy akta jual beli

7
Bukti pembayaran PBB







Alur dari pemberian kredit :

            Analisa Awal merupakan analisa yang tajam kepada nasabah sebelum proses kredit dilakukan berupa trade record di bank, pencarian informasi dari tetangga terhadap calon debitur. Survey dilakukan atas usaha, tempat tinggal dan anggunan calon debitur. Sedangkan Analisa Akhir merupakan analisa dengan menggunakan prinsip 6 (enam) C  antara lain Character , Capital, Capacity, Condition of Economy, Colleteral, and Cash Flow.

2.11.        KEUANGAN

            Aspek keuangan dibutuhkan ketelitian, akurat dan prinsip kehati-hatian. Hal itu tidak terlepas dari pertanggungjawaban atas amanah yang di junjung tinggi. Keuangan juga menjadi penilaian tersendiri akan sehat tidaknya suatu bank. Semua itu memerlukan monitoring kas yang dalam hal ini dilakukan per hari oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jambi Citra Sahabat (JCS), hasil monitoring itu juga dapat dilihat di data komputer yang dalam hal ini menjadi tugas Admin. Adapun bentuk dari monitoring antara lain : Monitoring disiplin karyawan, jam kerja, target kerja, tunggakan kredit, kelancaran operasional kantor, termasuk perilaku dan sikap karyawan.
            Sumber dana Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jambi Citra Sahabat (JCS) antara lain Masyarakat (pihak ketiga), pinjaman antar bank dan pemegang saham sehingga kecil kemungkinan pihak perbankan mengalami defisit atau  kekurangan dana. Dalam hal ini Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bertanggungjawab atas suatu kejadian yang tidak diduga atas uang masyarakat dimana batasannya 2 (dua) milyar per orang, yang mana jumlah uang tersebut bisa diperkecil atau dipisah.

Tebel 5. Neraca-Aktiva
Pos – pos
Posisi Maret 2012
1.       Kas
3.110
2.       Sertifikat bank indonesia
0
3.       Antar Bank Aktiva
- Pada Bank Umum
- Pada BPR

2.622.819
600.000
4.       Kredit yang diberikan
- Pihak Terkait
- Pihak Tidak Terkait

66.500
5.987.225
5.       Penyisihan penghapuskan
49.094
AKTIVA PRODUKTIF
6.       Aktiva dalam VALAS
0
7.       Aktiva tetap dan ivestasitan
- Tanah dan Gedung
-AKM Penyusutan Utang
- Inventaris
-AKM Penyusutan Inventaris

0
0
642.283
46.037
8.       Aktiva lain-lain
207.596
JUMLAH
10.038.902

Tabel 6. Neraca-Passiva
PASSIVA
Maret 2012
1.       Kewajiban segera yg dpt dibayar
5.525
2.       Tabungan
- Pihak terkait
- Pihak tidak terkait

574.237
863.422
3.       Deposito
- Pihak terkait
- Pihak tidak terkait

500.000
5.675.255
4.       Kewajiban kepada BI
0
5.       Antar bank Passiva
1.163.333
6.       Pinjaman yg diterima

7.       Pinjaman sub ordinasi
0
8.       Rupa-rupa passive
140.483
9.       Ekuitas
- Modal Dasar
- Modal Yg Blm Disetor
- Agio
- Disagio
- Modal Sumbangan
- Modal Pinjaman
-Dana Setoran Modal
- Cadangan Revolusi Aktiva Tetap
-Cadangan Umum
- Cadangan Tujuan
- Laba Yg Ditahan
-Laba/Rugi Tukar Valas

0
0
0
0
0
0

0
0
0
785.834
10.028.902

Tabel 7. Kualitas Aktiva Produktif&info lainnya
31 Maret 2012

Keterangan
L
KL
D
M
Jumlah
1.      Penempatan pd bank lain
2.968.981
0
0
0

2.      Kredit yg diberikan kepd
-Pihak terkait
-Pihak tidak terkait

66.500
5.907.225




3.      Jumlah aktiva produktif
9.022.706




4.      NPL Net (%)





5.      Rasio KPMM (%)





6.      LDR (%)





7.      ROA (%)







2.12.        LOGO DAN PROMOSI

ARTI LOGO

1. Huruf “J” merupakan singkatan dari JAMBI, yakni karena lokasinya terletak di Provinsi JAMBI.
2. Huruf “C” merupakan singkatan dari CITRA, yang berarti BPR memiliki citra yang baik.
3. Huruf “S” merupakan singkatan dari SAHABAT, menjadikana BPR sebagai sahabat dan bersahabat dengan masyarakat.
4. Lingkaran garis merah merupakan rantai yang menjadi satu kesatuan utuh tak terpisahkan.


PROMOSI

Bentuk dari promosi yang dilakukan sebagai berikut :
1.      Neon box       : Rp 2.500.000,-
2.      Spanduk         : Rp 150.000,-
3.      Brosur                        : Rp 1.500.000,- / sekali cetak
4.      Iklan                : Rp 1.500.000,- / bulan (Iklan Media Cetak



BAB III
PENUTUP

3.1. KESIMPULAN
           
            Pembeda dari antar bank yakni dari segi pelayanan jasa yang diberikan, berikut monitoring yang dilakukan serta pengikat antara pribadi indivual dengan perusahaan perbankan itu sendiri. Pelayanan yang diberikan pada BPR yakni Tabungan, Kredit dan Deposito berjangka. Sumber dana bank terdiri dari pihak ketiga (masyarakat), pinjaman antar bank dan pemegang saham.
            Peminjaman yang dilakukan oleh pihak bank ke bank lain menggunakan negosiasi dengan bunga tergantung kepada si peminjam, ada pun uang yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang merupakan lembaga pemerintah yakni sebesar 8%. Sedangkan besar kecilnya suku bunga bank, diatur oleh Bank Indonesia (BI).

3.2. SARAN

            Kepada pihak perbankan, diharapkan tetap konsisten dan fokus dalam menjalankan roda organisasi perusahaan to be a competite advantage, better good than others. Semoga rencana pengembangan bisa terealisasi dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.
            Kepada para pembaca, jika ada bagian tertentu yang belum jelas anda bisa membaca , membuka literature yang tertera pada daftar pustaka dan atau bertanya langsung kepada kami maupun pihak perbankan yang bersangkutan. Semoga laporan kami bisa membantu para pembaca untuk mengenal Bank Perkreditan Rakyat (BPR) , P.T. BPR JAMBI CITRA SAHABAT (JCS) khususnya.
            x

DAFTAR PUSTAKA

*      Afdhal.sharing,aspek struktural dan produk, 23-24 april 2012
*      Suryadi,Darwan.Sharing,profil&ramalan pengembangan, 24 april 2012
*      Wulandari,Novita.Inspirasi-buah fikiran. 25 april 2012
*      Patriotik ,M.Sharing,informasi personal, 25 april 2012
*      Kelompok 7. Survey-pengamatan 23 – 24 april 2012
*      Brosur BPR SAHABAT.Profil bank,dibaca pada 4 april 2012
*      Nopirin.2011,Ekonomi Moneter Buku 1 Edisi ke-4, Lembaga Penerbit BPFE Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta,Undang-undang tentang Perbankan, halaman 191 - 192
*      Mangkoesoebroto,Guritno,2010,Ekonomi Publik Edisi Ketiga, Lembaga Penerbit BPFE Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta,Barang bersama (common goods) , halaman 32
*      Ekawarna & Fachruddiansyah,2010, Pengantar Teori Ekonomi Makro, GP PRESS, Jakarta, Rangkuman, halaman102


Tidak ada komentar:

Posting Komentar