BAB I
PENDAHULUAN
Bertumbuh kembangnya perekonomian
daerah menjadi sebuah peluang bagi para usahawan, pemilik modal untuk
menanamkan saham atau berinvestasi serta siap maju menghadapi pesaing sejenis.
Terutama dalam hal mencuri perhatian publik, dengan sebuah analisa internal dan
eksternal berikut Peluang, Kekuatan, Kelemahan dan Ancaman yang timbulkan dari
sebuah pemikiran.
Seiring
berjalannya waktu, ibarat roda yang terus berputar berikut permintaan pasar
akan service semakin membludak. Hanya mereka yang dapat membaca, memahami
keinginan pasarlah yang akan unggul dan terdepan di arena persaingan. Banyaknya
bermunculan perusahaan yang melayani dan menjual produk sejenis tidak
mematahkan semangat bagi para pemilik modal untuk unggul di dalam persaingan.
Dasar adanya system pasar persaingan adalah adanya hak pemilikan (property
rights) yang memberikan hak pemilikan kepada setiap individu atas suatu barang
sehingga ia dapat mengecualikan orang lain untuk memanfaatkan barang tersebut.
Kini telah
ada di Sarolangun, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dari PT Jambi Citra Sahabat
(JCS) bertujuan
untuk membangun ekonomi kerakyatan yang ada di Kabupaten Sarolangun. Terutama
bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan suku bunga yang sangat relative
terjangkau, sehingga dapat membantu untuk mengembangkan usahanya dan dapat
mengakses usaha mikro yang akan tumbuh di daerah.
Adapun produk yang ditawarkan Bank
BPR Sahabat Sarolangun, khususnya dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan
pembangunan di Kabupaten Sarolangun juga berupaya mewujudkan jalur pemerataan
ekonomi yaitu pemerataan kesempatan usaha, pemerataan pembagian pendapatan dan
pemerataan partisipasi dalam pembangunan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. LATAR BELAKANG BPR
Bank Perkreditan Rakyat atau yang
biasa kita kenal BPR adalah salah satu jenis Bank yang dikenal melayani
golongan pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah dengan lokasi yang dekat dengan
masyarakat yang membutuhkannya. Keberadaan BPR sudah ada sejak sebelum zaman
kemerdekaan yang dikenal dengan sebutan Lumbung Desa, Bank Desa, Bank Tani,
Bank Dagang, Bank Desa atau Bank Pasar. Bank
Perkreditan Rakyat (BPR) adalah Bank resmi yang diatur berdasarkan
Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 sebagaimana mana yang telah diubah dengan
Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. Dalam Undang-undang
tersebut secara jelas disebutkan bahwa ada dua jenis bank, yaitu Bank umum dan Bank
Perkreditan Rakyat (BPR).
Adapun pengertian Bank Perkreditan
Rakyat (BPR) menurut Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan pada
Bab 1 Ketentuan Umum pasal 1ayat 3 Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang
menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan, dan/atau
bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.
Fungsi Bank
Perkreditan Rakyat (BPR) selain memberikan fasilitas kredit kepada para
pengusaha mikro, kecil dan menengah, juga memberikan pelayanan kepada
masyarakat dengan menerima simpanan dalam bentuk Tabungan dan Deposito
berjangka.
Dalam penyaluran kredit kepada
masyarakat Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menggunakan prinsip 3 (tiga) T, yaitu Tepat
Waktu, Tepat Jumlah dan Tepat Sasaran. Dan dalam pelayanan simpanan masyarakat Bank
Perkreditan Rakyat (BPR) menggunakan pelayanan jemput antar yaitu melayani
langsung ditempat usaha nasabah sehingga memberikan kemudahan dalam transaksi
pembayaran dan penerimaan.
Menyimpan uang baik dalam bentuk
Tabungan maupun Deposito pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sangatlah aman,
karena dijamin sepenuhnya oleh Pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan
(LPS), sehingga tidak perlu lagi ragu menabung atau mendepositokan uang ke Bank
Perkreditan Rakyat (BPR).
2.2. PROFIL BPR SAHABAT
P.T Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
JAMBI CITRA SAHABAT (JCS) atau yang lebih dikenal dengan BPR SAHABAT merupakan
suatu lembaga perbankan yang didalamnya melayani masyarakat dalam menerima
simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito berjangka, selain it BPR
SAHABAT juga melayani masyarakat didalam memberikan fasilitas kredit modal kerja, kredit investasi dan
kredit konsumtif.
Status
badan hokum P.T. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) JAMBI CITRA SAHABAT (JCS) adalah
Perseroan Terbatas (P.T) berdasarkan Akta Pendirian Nomor 03 oleh Notaris
Achmad Zainudin,S.H,M.Kn di Bogor tanggal 11 Juni 2011.
2.3. TUJUAN PENDIRIAN
Adapun tujuan mendirikan Bank
Perkreditan Rakyat (BPR) JAMBI CITRA SAHABAT (JCS) sebagai berikut :
a) Memasarkan produk-produk perbankan dan memobilisasi dana
masyarakat melalui Tabungan, Deposito serta Kredit bagi masyarakat sekitar.
b) Menunjang perekonomian daerah sekitar Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan
menyalurkan kredit produktif bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM).
2.4. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup Bank Perkreditan Rakyat
(BPR) Jambi Citra Sahabat (JCS) antara lain :
a) Menerima simpanan dalam bentuk Tabungan
b) Menerima simpanan dalam bentuk Deposito
c) Memberikan Kredit bagi pengusaha, pedagang, petani, pegawai
negeri/swasta
d) Penempatan Dana Antar Bank
e) Jasa transfer/ kirim uang antar BPR / Bank Umum
2.5. VISI DAN MISI
1.
Visi Bank Perkreditan
Rakyat (BPR) adalah menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terdepan dan
terpercaya.
Kata
Terdepan dan terpercaya merupakan satu kesatuan yang utuh, yang berarti Terdepan antara lain dari aspek pelayanan/ public service yaitu
bentuk dan variasi pelayanan terbaik yang diberikan kepada masyarakat dengan
menjunjung tinggi Etika Perusahaan dan aspek
hubungan emosional yaitu sikap yang bersahabat dengan mengacu pada norma
kesopanan, sedangkan Terpercaya sebagai
lembaga yang dipercaya masyarakat untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam
bentuk simpanan, dan menyalurkannya kembali dalam rangka meningkatkan taraf
hidup rakyat banyak, sebagaimana yang tertulis pada Undang-undang Nomor 7 Tahun
1992 tentang Perbankan pada Bab 1 Ketentuan Umum pasal 1 ayat 1 pengertian
Bank.
2.
Misi Bank Perkreditan
Rakyat (BPR) antara lain :
a) Meningkatkan kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang
sehat, professional dan mampu bersaing serta berkesinambungan
b) Membantu perekonomian daerah disegala bidang
c) Memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan berperan
dalam pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah serta meningkatkan
kesejahteraan bagi karyawan dan pemegang saham
2.6. LEGALITAS USAHA
Bentuk dari
legalitas usaha Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jambi Citra Sahabat (JCS) yaitu:
1) Pengesahan menteri kehakiman dan HAM Republik Indonesia
Nomor AHU-32925.AH.01.01 Tahun 20111 Tanggal 11 Juni 2011.
2) Akta Pendirian Nomor 03 oleh Notaris Achmad Zainudin
S.H,M.Kn tanggal 1 Juni 2011
3) SITU Nomor 503/430/SITU/BPPTSP-2011
4) TDP Nomor 05.09.365.00016
5) SIUP Nomor 233/05-09/SIUP/PK/VII/2011
6) TDG Nomor 503/20/TDG/BPPTS-2011
7) NPWP Nomor 03.050.325.4-333.00
2.7. SARANA DAN PRASARANA
Kantor cabang letaknya di Komplek
Pertokoan Sentra Bisnis Sarolangun (SBS) Ceria Abadi Blok C-3 KM.01 RT 01
Kelurahan Pasar Sarolangun, Kabupaten Sarolangun JAMBI. Sebagaimana yang
dimaksud Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan pada Bab 1
Ketentuan Umum pasal 1 ayat 5 bahwa kantor cabang adalah setiap kantor bank
yang secara langsung bertanggungjawab kepada kantor pusat bank yang bersangkutan, dengan tempat
usaha yang permanen dimana kantor cabang tersebut melakukan kegiatannya.
Kantor
cabang BPR SAHABAT terdiri atas 3 Lantai dengan ruangan dan variasi design yang
berbeda. Latai 1 terdiri atas ruang kerja Customer Service, Teller, Account
Officer dan Ruang Eksekusi. Lantai 2 terdiri atas ruang Marketing, Meeting,
Manajer Marketing, Direksi, dan Toilet. Sedangkan Lantai 3 terdiri atas Dapur,
Gudang,dan Toilet.
Tabel 1. Daftar Investasi
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
Biaya
|
Keterangan
|
1
|
Kantor
|
1
|
Rp 1.500.000.000
|
|
2
|
Kendaraan Operasional
|
7
|
Rp 300.000
|
Merupakan biaya intensif yang diberikan untuk penggantian
sewa kendaraan yang digunakan untuk operasional
|
3
|
Komputer
+ Perangkat
|
9
|
Rp
72.000.000
|
|
4
|
AC
|
8
|
Rp 24.000.000
|
|
5
|
Meja
|
11
|
Rp
44.000.000
|
|
6
|
Kursi
|
28
|
Rp 5.600.000
|
|
7
|
ATK
|
Rp 5.000.000
|
||
8
|
Box Slip
|
1
|
Rp 1.500.000
|
|
9
|
Vas
Bunga
|
5
|
Rp 750.000
|
|
10
|
Famplet Nama
|
3
|
Rp 250.000
|
|
11
|
Alarm
|
1
|
Rp 2.500.000
|
|
12
|
Kamera sisi TV
|
4
|
Rp 12.000.000
|
|
13
|
BRANKAS
|
5
|
Rp
40.000.000
|
|
14
|
Telefon
|
8
|
Rp 6.400.000
|
|
15
|
Monitor
sisi TV
|
1
|
Rp 3.500.000
|
|
16
|
Mesin absen
|
1
|
Rp 1.500.000
|
|
17
|
Racun
api / Tabung
|
2
|
Rp 5.000.000
|
|
18
|
Alat kebersihan
|
2
Set
|
Rp 200.000
|
|
19
|
Mading
|
1
|
Rp
80.000
|
|
20
|
White board+perlengkapan
|
1
|
Rp 500.000
|
|
21
|
Mesin
penghitung uang
|
1
|
Rp
2.500.000
|
|
22
|
Kalkulator
|
8
|
Rp 850.000
|
|
22
|
Poster
|
4
|
Rp
600.000
|
|
24
|
Cermin
|
2
|
Rp 30.000
|
|
25
|
Hiasan
dinding
|
2
|
Rp
6.500.000
|
|
26
|
Kalender
|
8
|
Rp -
|
|
27
|
Amper
– daya listrik
|
1
|
Rp
18.000.000
|
|
28
|
Mesin diesel
|
1
|
Rp150.000.000
|
|
29
|
Dan
lain-lain
|
Rp 59.169.000
|
||
Total
|
Rp 2.500.000.000
|
2.8. PRODUK BANK
Produk bank tidak terlepas dari
tingkat bunga yang merupakan penghubung utama antara pasar uang dengan pasar
barang, sebab tingkat bunga menentukan berapa pengeluaran investasi yang
direncanakan oleh investor, dan selanjutnya pengeluaran investasi dapat
menentukan tingkat permintaan agregat.
Target perubahan suku bunga
tergantung kepada rate Bank Indonesia (BI) sehingga menyelarasan sesuai dengan
ketentuan Undang-undang bahwa Bank Indonesia merupakan Bank Sentral. Dalam hal
ini pula Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
tidak memiliki radius atau batasan pangsa pasar pada lokasi jangkauan nasabah
karena semua dalam hal apapun
bermodalkan kepercayaan dan diiringi dengan ketertarikan atas produk berikut
service yang ditawarkan. Adapun produk dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jambi
Citra Sahabat (JCS) yaitu :
1. Tabungan
a.
Tabungan sahabat
Tabungan
sahabat merupakan tabungan yang diperuntukkan untuk masyarakat umum, dengan
suku bunga sebesar 6%.
b.
Tabungan pelajar sahabat
Tabungan pelajar sahabat merupakan
tabungan yang diperuntukkan untuk para pelajar / junior, dengan suku bunga
sebesar 3%.
2. Deposito
a.
Jangka waktu 1 bulan
Deposito
dalam bentuk simpanan yang penarikannya dilakukan per satu bulan dengan Suku
bunga sebesar 7,25%
b.
Jangka waktu 3 bulan
Deposito
dalam bentuk simpanan yang penarikannya dilakukan per tiga bulan dengan Suku
bunga sebesar 7,50%
c.
Jangka waktu 6 bulan
Deposito
dalam bentuk simpanan yang penarikannya dilakukan per satu enam bulan dengan Suku
bunga sebesar 7,75%
d.
Jangka waktu 12 bulan
Deposito
dalam bentuk simpanan yang penarikannya dilakukan per satu tahun dengan Suku
bunga sebesar 8,00%
3. Kredit
a.
Kredit modal kerja
Kredit
modal kerja merupakan penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan
dengan itu, berdasarkan persetujuan atau
kesepakatan pinjam-meminjam antara pihak bank dengan pihak lain dalam rangka
mendapatkan modal kerja
b.
Kredit investasi
Kredit investasi merupakan
penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan
persetujuan atau kesepakatan
pinjam-meminjam antara pihak bank dengan pihak lain dalam rangka investasi
c.
Kredit pegawai
Kredit
pegawai merupakan penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan
itu, berdasarkan persetujuan atau
kesepakatan pinjam-meminjam antara pihak bank dengan para pegawai.
4. Payment point
a.
Transfer antar bank
b. Jasa bank lainnya
Tabel 2. Gaji / Pendapatan
NO
|
KLASIFIKASI JABATAN
|
GAJI / PENDAPATAN
|
1
|
PEMEGANG
SAHAM
|
Deviden per akhir tahun
|
2
|
DEWAN
KOMISARIS
|
4.000.000
– 5.000.000
|
3
|
DIREKSI
|
7.
000.000 – 10.000.000
|
4
|
MANAJER
MARKETING
|
2.000.000 – 3.000.000
|
5
|
ACCOUNT
OFFICER
|
1.500.000 – 2.000.000
|
6
|
AKUNTING
|
1.500.000 – 2.000.000
|
7
|
CUSTOMER
SERVICE
|
1.300.000 – 1.500.000
|
8
|
TELLER
|
1.300.000 – 1.500.000
|
9
|
ADMIN
|
1.300.000 – 1.500.000
|
10
|
DRIVER
|
1.000.000 – 1.300.000
|
11
|
AMAT
|
1.000.000 – 1.300.000
|
12
|
OFFICE
BOY
|
1.000.000 – 1.200.000
|
Tabel 3. Uraian Tugas
NO
|
KLASIFIKASI JABATAN
|
URAIAN TUGAS
|
1
|
PEMEGANG
SAHAM
|
Mensuplay
dana
|
2
|
DEWAN KOMISARIS
|
Mengawasi/ Audit kinerja direksi
|
3
|
DIREKSI
|
Menjalankan&mempertanggungjawabkan
kinerja karyawan
|
4
|
MANAJER MARKETING
|
Perpanjangan tangan dari direksi
|
5
|
ACCOUNT
OFFICER
|
Memproses
kredit
|
6
|
AKUNTING
|
Membuat neraca L/R dan menjalankan
operasional
|
7
|
CUSTOMER
SERVICE
|
Memberikan
pelayanan pembukaan rekening
atau pengecekan saldo.
melayani nasabah, menerima setoran/penarikan |
8
|
TELLER
|
Menginput dana nasabah, melayani nasabah, menerima setoran/penarikan,
menangani pembukaan rekening, atau
pengecekan saldo.
|
9
|
ADMIN
|
Membukukan
dokumen kredit
|
10
|
DRIVER
|
Mengantar
jemput dalam urusan dinas, tugas perbankan
|
11
|
SECURITY
|
Menjaga
ketertiban dan keamanan kantor
|
12
|
OFFICE BOY
|
Menjaga kebersihan kantor dan
menjalankan hal-hal yang berkenaan dengan perlengkapan kantor / kebutuhan
karyawan.
|
2.10. FASILITAS KREDIT
PROSES KREDIT MUDAH DAN CEPAT
Persyaratan Umum :
11) Mempunyai usaha yang sedang berjalan (minimal 6 bulan)
22) Mempunyai jaminan/anggunan berupa :
a.
BPKB motor
b.
BPKB mobil
c.
Sertifikat tanah, rumah
atau kebun
Adapun kelengkapan
dokumennya, antara lain :
Tabel 4. Kelengkapan dokumen
No
|
Jenis dokumen pemohon
|
Umum
|
Pegawai
|
|
1
|
Fotocopy
suami&istri
|
√
|
√
|
|
2
|
Fotocopy
kartu keluarga&surat nikah
|
√
|
√
|
|
3
|
Fotocopy
rekening listrik/air/telfon
|
√
|
√
|
|
4
|
Pas
foto terbaru ukuran 3x4 cm
|
√
|
√
|
|
5
|
Nota
pembelian&penjualan usaha
|
√
|
||
6
|
Perjanjian
kerjasama (MOU)
|
√
|
||
7
|
Fotocopy
SK pegawai tetapi
|
√
|
||
8
|
Slip
gaji/ daftar gaji 3 bulan terakhir
|
√
|
||
Jenis Dokumen
Jaminan Kendaraan Tanah
|
||||
1
|
Fotocopy
STNK
|
√
|
||
2
|
Fotocopy
BPKB
|
√
|
||
3
|
Kwitansi
asli pembelian kendaraan
|
√
|
||
4
|
Cek
fisik (No. Rangka&No. Mesin)
|
√
|
||
5
|
Fotocopy
sertifikat
|
√
|
||
6
|
Fotocopy
akta jual beli
|
√
|
||
7
|
Bukti
pembayaran PBB
|
√
|
||
Alur dari pemberian kredit :
Analisa
Awal merupakan analisa yang tajam kepada nasabah sebelum proses kredit
dilakukan berupa trade record di bank, pencarian informasi dari tetangga
terhadap calon debitur. Survey
dilakukan atas usaha, tempat tinggal dan anggunan calon debitur. Sedangkan Analisa Akhir merupakan analisa dengan
menggunakan prinsip 6 (enam) C antara
lain Character , Capital, Capacity, Condition of Economy, Colleteral, and Cash
Flow.
2.11.
KEUANGAN
Aspek keuangan dibutuhkan ketelitian,
akurat dan prinsip kehati-hatian. Hal itu tidak terlepas dari
pertanggungjawaban atas amanah yang di junjung tinggi. Keuangan juga menjadi
penilaian tersendiri akan sehat tidaknya suatu bank. Semua itu memerlukan
monitoring kas yang dalam hal ini dilakukan per hari oleh Bank Perkreditan
Rakyat (BPR) Jambi Citra Sahabat (JCS), hasil monitoring itu juga dapat dilihat
di data komputer yang dalam hal ini menjadi tugas Admin. Adapun bentuk dari
monitoring antara lain : Monitoring disiplin karyawan, jam kerja, target kerja,
tunggakan kredit, kelancaran operasional kantor, termasuk perilaku dan sikap
karyawan.
Sumber dana
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jambi Citra Sahabat (JCS) antara lain Masyarakat
(pihak ketiga), pinjaman antar bank dan pemegang saham sehingga kecil
kemungkinan pihak perbankan mengalami defisit atau kekurangan dana. Dalam hal ini Lembaga
Penjamin Simpanan (LPS) bertanggungjawab atas suatu kejadian yang tidak diduga
atas uang masyarakat dimana batasannya 2 (dua) milyar per orang, yang mana
jumlah uang tersebut bisa diperkecil atau dipisah.
Tebel
5. Neraca-Aktiva
Pos – pos
|
Posisi Maret 2012
|
1. Kas
|
3.110
|
2. Sertifikat bank indonesia
|
0
|
3. Antar Bank Aktiva
- Pada Bank Umum - Pada BPR |
2.622.819 600.000 |
4. Kredit yang diberikan
- Pihak Terkait - Pihak Tidak Terkait |
66.500 5.987.225 |
5. Penyisihan penghapuskan
|
49.094
|
AKTIVA PRODUKTIF
|
|
6. Aktiva dalam VALAS
|
0
|
7. Aktiva tetap dan ivestasitan
- Tanah dan Gedung -AKM Penyusutan Utang - Inventaris -AKM Penyusutan Inventaris |
0 0 642.283 46.037 |
8. Aktiva lain-lain
|
207.596
|
JUMLAH
|
10.038.902
|
Tabel
6. Neraca-Passiva
PASSIVA
|
Maret
2012
|
1.
Kewajiban segera yg dpt dibayar
|
5.525
|
2.
Tabungan
- Pihak terkait - Pihak tidak terkait |
574.237 863.422 |
3.
Deposito
- Pihak terkait - Pihak tidak terkait |
500.000 5.675.255 |
4.
Kewajiban kepada BI
|
0
|
5.
Antar bank Passiva
|
1.163.333
|
6.
Pinjaman yg diterima
|
|
7.
Pinjaman sub ordinasi
|
0
|
8.
Rupa-rupa passive
|
140.483
|
9.
Ekuitas
- Modal Dasar - Modal Yg Blm Disetor - Agio - Disagio - Modal Sumbangan - Modal Pinjaman -Dana Setoran Modal - Cadangan Revolusi Aktiva Tetap -Cadangan Umum - Cadangan Tujuan - Laba Yg Ditahan -Laba/Rugi Tukar Valas |
0 0 0 0 0 0 0 0 0 785.834 10.028.902 |
Tabel 7. Kualitas Aktiva Produktif&info lainnya
31 Maret 2012
Keterangan
|
L
|
KL
|
D
|
M
|
Jumlah
|
1. Penempatan pd bank lain
|
2.968.981
|
0
|
0
|
0
|
|
2. Kredit yg diberikan kepd
-Pihak terkait -Pihak tidak terkait |
66.500 5.907.225 |
||||
3. Jumlah aktiva produktif
|
9.022.706
|
||||
4. NPL Net (%)
|
|||||
5. Rasio KPMM (%)
|
|||||
6. LDR (%)
|
|||||
7. ROA (%)
|
2.12.
LOGO DAN PROMOSI
ARTI
LOGO
1. Huruf “J” merupakan singkatan dari
JAMBI, yakni karena lokasinya terletak di Provinsi JAMBI.
2. Huruf “C” merupakan singkatan dari
CITRA, yang berarti BPR memiliki citra yang baik.
3. Huruf “S” merupakan singkatan dari SAHABAT, menjadikana BPR sebagai sahabat dan bersahabat dengan masyarakat.
3. Huruf “S” merupakan singkatan dari SAHABAT, menjadikana BPR sebagai sahabat dan bersahabat dengan masyarakat.
4. Lingkaran garis merah merupakan
rantai yang menjadi satu kesatuan utuh tak terpisahkan.
PROMOSI
Bentuk dari promosi yang
dilakukan sebagai berikut :
1. Neon box : Rp
2.500.000,-
2. Spanduk : Rp
150.000,-
3. Brosur :
Rp 1.500.000,- / sekali cetak
4. Iklan :
Rp 1.500.000,- / bulan (Iklan Media Cetak
BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Pembeda
dari antar bank yakni dari segi pelayanan jasa yang diberikan, berikut
monitoring yang dilakukan serta pengikat antara pribadi indivual dengan
perusahaan perbankan itu sendiri. Pelayanan yang diberikan pada BPR yakni
Tabungan, Kredit dan Deposito berjangka. Sumber dana bank terdiri dari pihak
ketiga (masyarakat), pinjaman antar bank dan pemegang saham.
Peminjaman
yang dilakukan oleh pihak bank ke bank lain menggunakan negosiasi dengan bunga
tergantung kepada si peminjam, ada pun uang yang dijamin oleh Lembaga Penjamin
Simpanan (LPS) yang merupakan lembaga pemerintah yakni sebesar 8%. Sedangkan
besar kecilnya suku bunga bank, diatur oleh Bank Indonesia (BI).
3.2. SARAN
Kepada
pihak perbankan, diharapkan tetap konsisten dan fokus dalam menjalankan roda
organisasi perusahaan to be a competite
advantage, better good than others. Semoga rencana pengembangan bisa
terealisasi dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.
Kepada para
pembaca, jika ada bagian tertentu yang belum jelas anda bisa membaca , membuka
literature yang tertera pada daftar pustaka dan atau bertanya langsung kepada
kami maupun pihak perbankan yang bersangkutan. Semoga laporan kami bisa
membantu para pembaca untuk mengenal Bank Perkreditan Rakyat (BPR) , P.T. BPR
JAMBI CITRA SAHABAT (JCS) khususnya.
x
DAFTAR PUSTAKA










Tidak ada komentar:
Posting Komentar